Ukuran Foto 12R

Svta – Bagi pecinta dokumentasi, kehadiran foto tidak hanya penting untuk keberlangsungan dokumentasi digital. Sebagian orang juga ingin mencetaknya. Mengenai ukuran cetak foto, banyak pilihan salah satunya ukuran foto 12R untuk dicetak.

Ukuran foto ini termasuk ukuran foto yang cocok dipajang di dinding rumah. Oleh karena itu banyak orang memilih ukuran foto 12R ini untuk kepentingan panjangan di rumah. Ukurannya seperti apa bisa Anda simak dalam uraian di bawah ini!

Mengenal Ukuran Foto 12R

ukuran foto 12R

Ada banyak jenis foto yang biasanya ingin dipajang di dinding rumah dengan ukuran 12R di antaranya seperti :

  • Foto keluarga
  • Foto pernikahan
  • Foto wisuda
  • Foto lukisan dinding
  • Dan masih banyak lainnya

Perhitungan ukurannya seperti apa bisa Anda simak dalam informasi di bawah ini :

  • Satuan mm untuk ukuran foto 12R yang merupakan satuan terkecil dengan nilai 305 x 381 mm
  • Satuan cm untuk ukuran foto 12R yang merupakan satuan menengah dan biasanya dipakai sebagai satuan dalam pengukuran berbagai aspek sebesar 30,5 x 38,1 cm
  • Satuan inci untuk foto 12R adalah 12 x 15 inci

Selain foto berukuran 12R, juga ada foto dengan ukuran lain yang lebih kecil. Biasanya dipajang dengan pigura duduk atau di dinding juga bisa. Foto dengan ukuran lain yang lebih kecil yaitu ukuran 5R dan 6R. Baca : Ukuran Foto 5R

Baca juga : Ukuran Foto 6R

Untuk keperluan cetak foto, foto dengan ukuran berapapun tentunya memiliki jenis kertas yang berbeda – beda. Jenis kertas yang biasa dipakai cetak foto sebagai berikut :

1. Glossy paper

Glossy paper

Glossy paper merupakan jenis kertas yang digunakan untuk cetak foto dengan permukaan yang sangat halus, reflektif dan pastinya mengkilap. Kalau Anda menggunakan kertas ini untuk melakukan pencetakan foto maka kesan yang licin atau kontras jika Anda sentuh akan Anda rasakan.

Glossy paper juga sekaligus menjadi kertas foto yang hadir dalam beberapa varian warna yang Anda bisa pilih. Warna tersebut kaya dan berbeda antara satu sisi dengan sisi yang lainnya.

2. Canvas photo

Canvas photo merupakan kertas kanvas bertekstur kain yang tampilannya cukup dekoratif. Karena adanya tampilan tersebut, foto akan terlihat lebih unik jika Anda bingkai atau Anda letakkan di dalam sebuah album foto atau scrapbooking.

Jadi bagi Anda yang ingin mencetak foto untuk tujuan pembingkaian, kertas foto berupa canvas photo ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk Anda. Kertas ini juga sering dipakai oleh fotografer professional kebanyakan untuk keperluan cetak foto dengan kualitas tinggi dan memiliki rona warna yang cukup banyak.

3. Lustre paper

Lustre paper

Studio fotografi mayoritas fokus ke fotografi pernikahan dan biasanya cetak foto dengan menggunakan kertas kilau ini berupa lustre paper. Kertas foto jenis ini pada beberapa tempat tidak disebutkan lustre paper. Memang agak berbeda penyebutan karena terkadang kertas jenis ini juga disebut sebagai kertas luster finish.

Akan tetapi sebenarnya antara luster photo paper dengan lustre finish adalah jenis kertas yang sama yang biasa dipakai cetak foto. Kertas jenis lustre photo paper ini merupakan jenis kertas yang punya banyak kelebihan yaitu teksturnya glossy dan sangat halus. Itu berarti bahwa hasil foto akan lebih tampak penuh kilap atau matte.

Kesannya sangat professional dan menarik. Oleh sebab itu jenis kertas ini banyak dipakai di studio foto professional atau studio fotografi yang memang clientnya menghendaki hasil cetakan foto dengan kualitas terbaik. Namun memang jika memilih kertas jenis ini harganya pun berbeda dengan jenis kertas foto biasa.

Selain kertas foto di atas yang biasa dipakai untuk melakukan pencetakan foto yang dipajang, juga ada beberapa jenis kertas foto lain yang biasa dipakai untuk stiker dan sebagainya. Tentu kegunaan dan fungsinya berbeda dengan kertas foto pajangan di atas.

Semoga apa yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang menarik dan bermanfaat untuk Anda. Khususnya bagi Anda yang akan melakukan pencetakan foto. Pilih ukuran dan jenis kertas foto yang tepat agar hasilnya sesuai yang Anda inginkan.

About the Author: Triono Wp