Ukuran Kertas F4 dan Tips Setting Kertas di Word Dengan Mudah Cepat

Tekno Dari Dekat – kertas F4 juga sering disebut sebagai kertas folio yang termasuk salah satu jenis kertas yang paling banyak dipakai untuk berbagai keperluan di dunia perkantoran dan percetakan.

Kertas jenis ini sampai saat ini masih belum banyak orang yang bisa membedakannya dengan A4 karena ukuran kertas F4 dengan A4 memang hampir sama.

Namun sebenarnya ukuran kertas ini berbeda dengan A4. Mengenai ukurannya seperti apa bisa Anda simak dalam uraian informasi di bawah ini!

Ukuran Kertas F4 dan Tips Setting Kertas di Word

Kertas jenis ini sering dipakai untuk berbagai keperluan dari terdiri atas dua jenis yaitu kertas F4 atau kertas folio polos dan bergaris.

Untuk keperluan pencetakan biasanya dipilih yang polos, sementara untuk keperluan tulis tangan seperti membuat curriculum vitae, laporan pekerjaan tulis tangan, surat lamaran kerja tulisan tangan biasanya akan memakai varian bergarisnya.

Dalam satuan pengukuran, kertas ini memiliki ukuran sebagai berikut :

  • Ukuran kertas dalam inchi : 8,27 x 12,99 inchi
  • Ukuran kertas dalam millimeter : 210 x 330 mm
  • Ukuran kertas dalam centimeter : 21,0 x 33,0 cm

Biasanya kertas ukuran ini dipakai untuk pencetakan dokumen kerja, pembuatan skripsi, laporan dan sebagainya. Jika dalam pembuatan laporan, dokumen kerja, skripsi dan berbagai keperluan lainnya via Microsoft word, Anda bisa mengaturnya juga.

Untuk melakukan pengaturan atau setting di Microsoft word menggunakan kertas jenis ini, tata caranya sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda pilih tab menu layout. Menu ini terdapat pada bagian yang paling atas
  • Selanjutnya Anda klik menu size, kemudian Anda pilih more paper size yang bisa Anda temukan pada bagian paling bawah
  • Setelah itu layarnya akan menampilkan page setup yang dipakai dalam pengaturan halaman
  • Selanjutnya Anda pilih opsi custom size dan masukkan ukuran kertas ini dalam cm dengan lebar atau width yang diatur dengan ukuran 21,59 cm sementara tinggi atau heightnya 33 cm
  • Jika sudah, Anda klik tombol ok untuk melakukan konfirmasi persetujuan pengaturannya
  • Tara, dokumen dengan jenis kertas ini siap dicetak dan tunggu sampai selesai

Kertas jenis ini sendiri yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan terdiri atas berbagai jenis. Agar tidak salah pilih, kami akan berikan beberapa tips dalam pemilihan kertas berikut ini :

1. Selektif dalam memilih merk

kertas A0

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli kertas jenis ini ada baiknya Anda kenali merek yang ada di pasaran terlebih dahulu. Masing – masing merek biasanya memiliki harga yang berbeda – beda. Selain itu, kualitas dari kertasnya juga sangat variatif.

Ada kertas dengan kualitas yang baik, juga ada kertas yang kualitasnya biasa – biasa saja sehingga sangat mudah mengalami kerusakan. Anda juga harus tentukan akan menggunakan kertas untuk keperluan apa.

Misalkan jika kertas ini dipakai untuk keperluan sertifikat, maka Anda harus pilih merk terbaik dengan kualitas kertas yang paling sempurna dan tebal. Sementara kalau untuk keperluan skripsi dan sejenisnya, pilih kertas yang tipis tak masalah. Perhatikan merk dan jika perlu tanyakan karena akan berpengaruh terhadap kualitas dan harga juga.

2. Gramasi dari kertas

gramasi kertas

Gramasi yang biasa disebut dengan skala GSM merupakan berat dari sebuah kertas. Di pasaran, terdapat banyak kertas dengan ukuran yang berbeda – beda. Secara umum yang digunakan adalah yang jenisnya 70 GSM.

Akan tetapi juga ada kertas yang gramasinya 60 GSM dan 80 GSM. Semua itu biasanya dipilih berdasarkan kebutuhan. Jadi baiknya agar tidak sampai salah pilih, sebelum melakukan pembelian Anda harus tentukan dahulu kira – kira mana saja kertas yang dibutuhkan banyak orang.

Untuk kebutuhan kantor atau skripsi, rata – rata kertas yang dipilih adalah kertas 80 GSM. Namun untuk keperluan fotokopi biasanya yang gramasinya 60 atau 70 GSM.

3. Perhatikan warna dan bahan

ukuran kertas A6

Warna dari jenis kertas ini ada beragam varian. Ada yang warnanya putih, kuning, merah muda, biru dan juga hijau. Kertas dengan warna yang variatif (selain warna putih) biasanya dibanderol dengan harga yang lebih mahal.

Jenis kertas ukuran lain, baca : Ukuran kertas A0

Baca juga : Ukuran Kertas A3

Itulah berbagai hal menarik tentang ukuran kertas yang kami dapat berikan untuk Anda. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

About the Author: Triono Wp