Cara Setting Ukuran Kertas A4 dan Penggunaannya

Tekno Dari Dekat – Ukuran kertas A4 merupakan ukuran kertas cukup besar yang sering dipakai untuk berbagai macam keperluan. Banyak agenda kegiatan sekolah, tugas sekolah pun diprint dengan menggunakan kertas ukuran ini.

Lantas kertas yang paling banyak digunakan ini ukurannya berapa sih? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas detail ukurannya dan sekaligus kegunaannya dalam kehidupan kita. So, let’s check these out!

Ukuran Kertas A4 dan Penggunaannya

Ukuran Kertas A4

Kali ini kita akan membahas kertas yang berukuran sedang ini dalam berbagai satuan pencetakan. Penjelasannya sebagai berikut :

Kertas ukuran sedang dalam satuan cm

Kertas ukuran ini jika dihitung dalam satuan cm yang seringkali digunakan ukurannya sebesar 21 x 29,7 cm. Jadi penjabarannya kertas memiliki lebar 21 cm sementara panjangnya sebesar 29,7 cm.

Biasanya satuan cm digunakan dalam penghitungan kertas di Microsoft word ketika kertas akan dicetak. Juga digunakan dalam mengukur kertas secara nyata untuk mengetahui berapa ukuran aslinya. Satuan ini juga menjadi satuan yang paling banyak dipakai di Indonesia.

Kertas ukuran sedang dalam satuan mm

Sementara satuan mm perhitungannya adalah 210 x 297 mm. Sehingga kita bisa mengetahui bahwa lebarnya sebesar 210 mm sementara panjangnya sebesar 297 mm. Satuan mm sendiri tergolong sangat jarang digunakan karena sudah ada cm.

Kertas ukuran sedang dalam satuan inchi

Dalam satuan inchi, kertas ini ukurannya sebesar 8,27 x 11,69 inchi. Artinya kertas memiliki lebar 8,27 inchi sementara panjangnya kertas sebesar 11,69 inchi. Meski sangat jarang dipakai di Indonesia karena sudah ada satuan cm, namun satuan inchi seringkali dipakai sebagai satuan pengukuran di Amerika Serikat.

Kertas ukuran sedang dalam satuan pixel

Kertas A4 dalam satuan pixel, memiliki ukuran sebesar 2480 x 3508 pixel dengan resolusi sebesar 300 dpi. Tinggi kertasnya sebesar 2480 pixel sementara panjang dari kertas adalah sebesar 3508 pixel. Biasanya jika keperluan pencetakan foto ukurannya menggunakan satuan pixel, termasuk ketika akan mengedit foto dengan PhotoShop biasanya menggunakan pengukuran kertas dengan format pixel di aplikasi atau software tersebut.

Ukuran kertas besar lainnya juga masih ada seperti kertas A3 atau bahkan yang lebih besar A0. Informasinya baca : Ukuran Kertas A3

Baca juga : Ukuran Kertas A0

Berikut beberapa keperluan penggunaan kertas dengan seri A4 secara umum :

1. Mencetak foto

printer foto

Foto yang biasanya akan ditempel di dinding seringkali dicetak dengan menggunakan ukuran ini. Hal tersebut karena ukuran cetak foto ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil atau bisa dikatakan sedang. Sehingga jika dicetak sebagai foto dinding tidak akan memenuhi ruangan.

2. Poster

Poster dengan ukuran tersebut sering ditempel di bagian mading atau lainnya. Sampai saat ini poster dengan ukuran kertas ini masih banyak dipakai karena dianggap sebagai ukuran sedang walau poster dengan ukuran di atas 21 x 29,7 cm juga sudah banyak kita temukan.

3. Dokumen resmi

dokumen resmi

Selama ini kertas dengan ukuran sedang ini masih seringkali dipakai sebagai syarat utama dalam upaya mencetak suatu dokumen penting. Tugas akhir seperti skripsi atau makalah juga bahkan masih menggunakan kertas jenis ini sebagai standar yang disepakati.

4. Sertifikat

Kertas jenis ini juga seringkali dijadikan pilihan tepat sebagai kertas untuk pencetakan sertifikat. Bahkan memang lazimnya, suatu sertifikat dicetak dengan kertas jenis ini namun dipilih dengan dimensi yang tebal.

Jadi perbedaan kertas untuk sertifikat dan kertas print biasa dengan jenis A4 adalah terletak pada ketebalan dan kualitas kertas yang dipilih. Harganya pun tentu berbeda.

5. Kertas untuk kegiatan tulis menulis

Ukuran kertas A0

Kertas jenis ini sangat ideal dan cocok untuk dijadikan sebagai kertas dalam memenuhi beragam mobilitas harian baik untuk para pelajar atau mahasiswa. Biasanya tugas akan dikerjakan dan ditulis dengan kertas ini.

Bukan hanya tugas cetak, tugas tulis tangan pun banyak yang menggunakan jenis kertas ini. Ada yang dikumpulkan dalam bentuk lembaran atau buku. Tentu tergantung juga sekolah dan sebagainya.

Di dunia perkantoran dan dunia percetakan, kertas cetak A4 ini juga seringkali digunakan. Jadi, kegunaannya memang sangat besar dan luas untuk berbagai macam keperluan.

About the Author: Triono Wp