Ukuran Kertas A1

Tekno Dari Dekat – Ukuran Kertas A1 saat ini masih jarang digunakan oleh kebanyakan orang, namun jika kertas dengan ukuran A4 dan F4 pasti Anda sudah tidak asing karena ukuran kertas tersebut paling sering digunakan, karena dianggap ukuran yang paling ideal.

Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai ukuran A1, bagi Anda yang penasaran terkait ukurannya maka bisa menyimak ulasan berikut ini ya!

Ukuran Kertas A1 dan Penggunaannya

ukuran kertas A1

Dalam dunia percetakan ukuran kertas ditandai dengan seri A, B, dan R. untuk seri A sendiri terdiri dari ukuran A1, A2, A3, A4 hingga ukuran A10. Kertas dengan ukuran seri R biasanya digunakan untuk mencetak foto. Sedangkan untuk seri B dan C masih sangat jarang digunakan di Indonesia.

Dengan beberapa macam jenis seri kertas diatas tentunya memiliki ketebalan dan kualitas masing – masing. Untuk kertas dengan ukuran A1 memiliki ketebalan hanya 80 gram (gr).

Kertas yang memiliki ukuran A1 merupakan bagian dari ukuran yang berstandar Internasional. Kertas dengan ukuran A1 biasanya digunakan untuk pembuatan kartu, dokumen cetak, alat tulis, kertas tulis, dan amplop. Kertas dengan ukura A1 dapat diukur dengan menggunakan satuan centimeter, millimeter, inci dan pixel.

Kertas dengan ukuran A1 dalam satuan inci memiliki sisi lebar 23,39 inci dan sisi panjang 33,11 inci. Untuk ukuran dalam satuan centimeter memiliki sisi lebar 59,4 centimeter dan sisi panjang 84,1 centimeter.

Jika dalam satuan millimeter (mm) atau satuan yang lebih kecil daripada satuan inci dan centimeter, jenis kertas ini memiliki sisi lebar 594 millimeter (mm) dan ukura sisi panjang 841 millimeter (mm).

Sedangkan untuk A1 dengan pixel, kertas ini biasanya digunakan oleh para desainer grafis. Kami memiliki daftar ukuran A1 berdasarkan PPI (pixels per inch) sebagaimana berikut :

  • A1 – 72 PPI, width 1684 pixels dan height 2384 pixels.
  • A1 – 200 PPI, width 4678 pixels dan height 6622 pixels.
  • A1 – 300 PPI, width 7017 pixels dan height 9933 pixels.
  • A1 – 400 PPI, width 9356 pixels dan height 13244 pixels.
  • A1 – 600 PPI, width 14034 pixels dan height 19866 pixels.
  • A1 – 1200 PPI, width 28068 pixels dan height 39732 pixels.

Selain kertas A1, juga ada jenis kertas dengan ukuran kecil lainnya yaitu A2. Baca : Ukuran Kertas A2

Baca juga : Ukuran Kertas A6

Setiap jenis dari seri kertas memiliki kegunaan masing – masing, demikian juga dengan perbedaan ukuran pada kertas sehingga ukuran dari setiap seri kertas juga memiliki kegunaan yang berbeda. Dari penjelasan diatas maka Anda dapat memahami kertas dengan ukuran A1, hal ini dilakukan agar Anda tidak keliru saat memperkirakan sesuatu yang akan dicetak pada kertas.

jenis kertas A7

Setelah mengetahui tentang A1, maka Anda harus mengetahui kegunaan serta keunikan yang dimiliki oleh kertas dengan ukuran A1 ini :

  • Kertas jenis ini memiliki permukaan yang cukup luas sehingga sangat cocok apabila digunakan sebagai media gambar atau berkreasi lainnya. Jika kertas digunakan untuk menggambar maka Anda dapat menempelkan hasil karya atau gambar Anda di dinding. Kertas ini dapat menampung berbagai macam gambar objek karena ukuran kertas yang sangat memadai.
  • Beberapa industri percetakan menggunakan kertas jenis ini sebagai media cetak. Namun jika digunakan sebagai media cetak tidak bisa langsung digunakan begitu saja, akan tetapi pengelola harus memotong – motong kertas terlebih dahulu hingga menjadi kecil kemudian kembali dibentuk sesuai ukuran semula.

Penggunaan kertas dengan ukuran A1 dapat dibilang masih terbatas dan hanya sedikit orang yang mengetahui, hal ini karena kertas A1 hanya dapat digunakan untuk beberapa kepentingan tertentu.

Apabila Anda ingin mengatur ukuran kertas pada laptop maka Anda harus melakukan beberapa langkah karena kertas ukuran ini tidak terdapat pada ukuran default laptop. Bagi Anda yang ingin mengaturnya maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka Microsoft Word kemudian masuk ke menu page layout -> margins -> Size -> pilih A1 dengan mengatur manual.

Untuk mengatur ukuran kertas maka Anda dapat menggunakan ukuran dalam satuan millimeter, centimeter, inci atau pixel sebagaimana ukuran yang telah dibahas diatas. Setelah diatur kemudian klik “Ok”, dengan demikian kertas A1 sudah dapat digunakan.

Demikian ulasan mengenai kertas A1 yang bisa Anda pahami dengan mudah, semoga membuat Anda semakin mudah memahami bedanya dengan jenis kertas lain.

About the Author: Triono Wp