Jenis – Jenis Kertas Cetak Foto yang Anda Harus Tahu

Tekno Dari Dekat – Foto merupakan sarana dokumentasi yang bisa mengingatkan kita tentang kenangan yang terjadi pada suatu masa. Sebagai sarana dokumentasi, bisa dipastikan banyak orang ingin memiliki foto yang diabadikan salah satunya dengan dicetak. Nah, jenis – jenis kertas cetak foto sendiri banyak macamnya.

Anda bisa memilih salah satu dari berbagai macam kertas cetak foto tersebut dan pada kesempatan kali ini kami akan berbagi ulasan selengkapnya untuk Anda mengenai jenis – jenisnya apa saja. Let’s check these out!

Jenis – Jenis Kertas Cetak Foto

Bagi Anda yang ingin mencetak foto sebagai sarana dokumentasi, berikut beberapa jenis kertas cetak foto yang dapat Anda pilih :

Glossy photo paper

jenis kertas cetak foto

Glossy photo paper merupakan salah satu jenis kertas foto yang memiliki permukaan reflektif, halus dan mengkilap. Jika kertas ini Anda gunakan untuk mencetak foto, hasilnya akan terlihat kontras akan tetapi lebih menarik dan licin ketika Anda sentuh.

Glossy photo paper sendiri terdiri atas beberapa varian warna yang sisi satu dengan sisi lainnya berbeda. Hanya saja kertas ini memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahannya adalah kertasnya rentan rusak ketika terpapar air dan dipegang. Tintanya juga mudah luntur. Oleh karena itu sekarang jenis kertas cetak foto yang satu ini sudah sangat jarang dipakai.

Premium glossy photo paper

Premium glossy photo paper juga sering disebut sebagai high glossy. Jenis kertas ini mampu menghasilkan cetakan dengan efek yang terkesan mengkilap dan cocok untuk mencetak foto yang beresolusi tinggi.

Dibandingkan sebelumnya, premium glossy photo paper merupakan salah satu varian kertas yang harga kertasnya sedikit lebih mahal akan tetapi cetakan foto yang maksimal dan cerah bisa Anda dapatkan.

Lustre photo paper

Lustre photo paper merupakan salah satu jenis kertas foto yang diberikan oleh mayoritas studio fotografi. Penyebutannya pada beberapa tempat juga tidak sama. Beberapa tempat menyebut kertas ini sebagai kertas lustre finish.

Jika foto dicetak menggunakan kertas ini, salah satu kelebihan yang bisa didapatkan adalah teksturnya halus dan glossy. Artinya hasil foto pun akan lebih terlihat matte dan penuh kilap.

Woven photo paper

jenis kertas cetak foto

Kertas yang satu ini adalah varian kertas yang telah dilapisi resin dengan lapisan luar yang terkesan mengkilap. Salah satu kelebihan kertas ini adalah kemampuannya yang tahan air. Kertas ini pun cocok dipakai untuk berbagai keperluan cetak foto bahkan juga sering dipakai sebagai kertas untuk membuat kerajinan.

Canvas paper

Jenis kertas canvas paper merupakan jenis kertas yang dipakai untuk mencetak foto dan akan menghasilkan cetakan dengan sentuhan kanvas selayaknya lukisan.

Hasil akhir cetakan pun akan menampilkan foto yang sama persis dengan kertas canvas. Biasanya foto yang dipajang di dinding rumah seringkali direquest untuk dicetak menggunakan jenis kertas ini.

Printable fabric

Secara tekstur, printable fabric sangat mirip dengan kertas canvas yang sudah diulas sebelumnya. Mayoritas jenis kertas printable fabric dipakai untuk mencetak gambar mikro atau kecil untuk mendapatkan kualitas tinggi.

Kertas ini pada beberapa tempat disebut dengan art paper atau kertas seni karena tampilannya memang sangat khas. Variannya sendiri sudah banyak dan cukup mudah dikenali berkat nada kertas, kontras kertas, warna kertas, tekstur serta hasil cetakannya juga lebih terlihat natural.

Meskipun memang di era digital ini tak banyak orang yang cetak foto karena hakikat foto di era digital lebih banyak dipakai untuk keperluan posting di sosial media baik itu instagram atau story WhatsApp. Oh ya, kalau bicara tentang sosial media khususnya di instagram sudah tersedia banyak filter yang bisa dipakai seru – seruan lho.

Salah satunya ada filter IG jelek jadi cantik yang bisa dicoba. Baca : Filter IG Jelek Jadi Cantik

Baca juga : Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Terpopuler

Itulah berbagai informasi menarik untuk Anda tentang jenis – jenis kertas cetak foto yang Anda perlu tahu dan pahami. Semoga menjadi informasi yang menambah pengetahuan Anda!

About the Author: Triono Wp